Loading ...
Nusamedia Web Hosting Murah dan Harga Terjangkau

Kapan anda membutuhkan Hosting VPS ?

Pemilik website dan pengusaha online selalu bertanya kepada saya, kapan sebaiknya saya berpindah ke Hosting VPS, kapan saya butuh Hosting VPS?.  Pemilihan Paket Hosting dari berbagai penyedia Hosting memang cukup memusingkan, apalagi dengan pemilihan tipe layanan hosting yang demikian beragam.

Bagi yang galau dalam mempertimbangkan kebutuhan hosting websitenya, mempelajari kelebigan dan kekurangan menggunakan Hosting VPS, akan membantu anda memutuskan solusi kebutuhan hosting sesuai dengan website anda.

Pengertian Hosting VPS

Hosting VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS adalah partisi virtual mandiri yang terdapat dalam sebuah server. Dikatakan partisi mandiri karena partisi ini mempunyai sistem operasi mandiri, space hardisk mandiri dan alokasi bandwidth sendiri. Dalam sebuah server dapat dibagi kedalam beberapa VPS,

VPS Hosting dibandingkan dengan shared hosting memberikan keleluasan kontrol, dan jika dibanding dengan dedicated hosting akan mendapatkan biaya yang lebih murah. VPS Hosting memberikan fleksibiltas dan kontrol yang lebih luas, namun anda juga dituntut mempunyai keahlian dalam hal setup dan perawatannnya.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting VPS

VPS Hosting adalah piilihan berikutnya ketika shared hosting sudah tidak mencukupi. VPS menawarakan kontrol yang lebih dan fleksibiltas yang lebih banyak sebagaimana dedicated hosting, namun dengan harga yang lebih murah.

Apakah VPS Hosting ini tepat untuk keperluan anda?, Kelebihan dan kekurangan dari VPS Hosting di bawah ini, akan memberikan pertimbangan dalam memutuskan pilihan yang tepat untuk hosting anda.

Kelebihan Hosting VPS

  • Kontrol dan Fleksibilitas, ketika anda mempunyai VPS Hosting, anda akan mempunyai kendali penuh atas akses root administratifnya, menginstall aplikasi dan software yang anda inginkan, membuat lebih banyak akun WHM dan Cpanel, kustomisasi setting server sesuai keinginan anda, dll
  • Lebih Ekonomis, dengan kemampuan dan administrasi seperti halnya dedicated server, namun dengan biaya yang lebih murah.
  • Lebih Reliable, Shared Hosting seperti layaknya tumpukan jerami, satu pelanggan buruk dapat menyebabkan satu server crash. Sistem overselling dalam penjualan shared hosting dimana provider menumpuk ribuan pelanggan dalam satu server, mau tidak mau akan menyebabkan reliablitas server akan turun drastis. Hal yang tidak akan pernah terjadi jika anda menggunakan VPS Hosting.

KEKURANGAN HOSTING VPS


  • Harga, Memang harga VPS Hosting Lebih Murah dari pada Dedicated Server, namun sekaligus Jauh lebih mahal dari pada Shared Hosting.
  • Kemampuan Teknis, Mengelola Server sendiri, bahkan vittual server, membutuhkan kemampuan administrasi server yang lebih dari pada mengelola shared hosting yang tinggal pakai.
  • Provider Nakal, Karena pasar VPS Hosting ini masih kecil adakalanya provider layanan tidak mengalokasikan resource sesuai dengan yang ditawarkan, dan bertolak belakang pada ekspektasi anda. Provider selalu cenderung melakukan overselling layanan hosting dalam server mereka sambil berharap, setiap pelanggan yang menggunakan tidak mencapai trafik maksimum yang dijanjikan hehe.

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan HostinG VPS ?

Layanan Shared Hosting pada umumnya dipergunakan untuk memenuhi unsur dasar dalam membangun website. Ketika Website anda memerlukan tempat penyimpanan dan rakus trafik, anda akan segera berganti menuju paket hosting diatas dan seterusnya.

VPS Hosting ini menjadi jawaban ekonomis ketika website anda sudah tidak mampu lagi ditampung dalam shared hosting. Shared Hosting lebih budget friendly, dan tidak memerlukan kemampuan teknis untuk menggunakannya, namun beberapa kondisi di bawah ini dapat sebagai pertanda bahawa sudah saatnya anda beralih ke VPS Hosting.

  1. Website Lambat, Katika segala upaya optimasi website anda lakukan, dan website anda tetap lambat untuk diakses, maka ini adalah pertanda bahwa resource server tempat shared hosting sudah terpkai secara maksimal, dan saatnya untuk beralih ke VPS Hosting.
  2. Error, ketika website anda sering mengalami kejadi internal server error, dan berbagai upaya solusi tidak membuahkan hasil.
  3. Masalah Kemanan, ketika website anda semakin populer, maka website anda menjadi kesempatan menjadi sasaran hacker juga lebih besar. Ketika website anda sering mendapatkan gangguan dan serangan, dan berakibat pada kinerja website yang terganggu, maka solusi upgrade ke VPS Hosting dan menjadikannya lebih aman bisa menjadi pilihan.

Semoga Artikel ini bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai Virtual Private Server (VPS) Hosting, jika anda ingin memberikan masukan dan pertanyaan dapat melalui komentar di bawah.