Memperbaiki pesan Error Establishing a Database Connection

Written by admin on . Posted in Tutorial, Web Hosting

error database connection Apakah anda pernah menjumpai Pesan Error Establishing a Database Connection di website wordpress anda? Anda tidak melakukan perubahan apapun di web anda, dan tiba-tiba mengalami pesan error ini, mengesalkan bukan? Artikel ini mungkin tidak akan mencakup semua bahasan namun bisa kita ringkaskan tentang bagaimana error ini muncul dan kemungkinan perbaikannya.

Mari Kita telusuri bagaimana keluar dari permasalahan ini.

Mengapa error ini muncul?

Sesuai Judul errornya.. hehee web wordpress anda tidak melakukan koneksi ke database server yang telah di sematkan dalam konfigurasinya. Sebabnya bisa bermacam-macam, bisa disebabkan karena perubahan data login yakni password tidak terbaca oleh database, bisa juga karena server database tidak merespon permintaan database dan sebagainya. anda bisa lakukan dengan menambahkan baris perintah dalam file wp-config.php, tambahkan tepat sebelum baris ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’ di wp-config.php.
define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Apakah pesan yang sama muncul pada akses wp-admin?

Hal pertama yang anda lakukan ketika terjadi error adalah membandingkan antara akses front-end (halaman depan website) dengan akses back-end (halaman admin wordpress), jika pesan tersebut sama maka kita meloncat ke langkah selanjutnya. Jika anda menemukan kesalahan seperti “One or more database tables are unavailable“, maka anda perlu melakukan repair database.

Setelah itu anda bisa melakukan eksekusi repair database melalui link http://www.yoursite.com/wp-admin/maint/repair.php

repair database wordpress

Perlu diingat untuk mengeksekusi perintah repair tersebut, user tidak diperlukan login (bagi yang tahu) maka demi keamanan setelah anda proses repair selesai, hapus kembali baris pernyataan yang anda tambahkan dalam file wp-config.php tersebut.

Sampai disini jika masalah sudah teratasi, anda bisa melanjutkan pekerjaan anda lagi, dan jika belum teratasi, marilah kita ikuti artikel ini sampai selesai.

Solusi Termudah Periksa file Wp-Config

Apa itu bisa jadi solusi termudah? bisa iya bisa tidak namun hal yang paling utama ketika website berhubungan dengan server database adalah urusan login. Solusinya apa? anda lihat konfigurasi di wp-config.php di direktori wordpress anda periksa username dan passwordnya catat baik baik. Langkah berikutnya adalah anda masuk cpanel hosting anda lewat url www.namadomain.com/cpanel untuk anda lihat pada bagian database. Anda periksa database yang sesuai dengan web wordpress anda, kemudian masukkan ulang password yang dinyatakan dalam konfigurasi yang sudah anda catat tadi.
define('DB_NAME', 'database-name');
define('DB_USER', 'database-username');
define('DB_PASSWORD', 'database-password');
define('DB_HOST', 'localhost');
Harap diperhatikan DB_HOST tidak selalu bernama localhost, sesuaikan dengan konfigurasi penyedia webhosting anda, di beberapa web hosting menyatakan localhost dengan IP (ip juga bervariasi tergantung webhosting yang bersangkutan) juga bisa jadi solusi.
define('DB_HOST', '127.0.0.1:8889');
Pastikan setiap pernyataan dalam wp-config ini tertulis dengan benar tanpa ada kesalahan typo.

Jika poin ini sudah kita lakukan dan masih terjadi error, bisa kita katakan masalah sebenarnya berada di server database-nya

Periksa My-SQL Server (Cpanel Webhost)

Jika website anda shared hosting dan server webhost anda dihujani permintaan trafik, terkadang respon server seperti database server menjadi lambat, bahkan tidak meresepon, jika hal ini hal yang paling menolong adalah hp anda untuk mengontak customer service penyedia web hosting anda. hehe

Periksa Konektivitas Database melalui phpMyAdmin

User Database tidak bisa terhubung akses ke database bisa juga disebabkan karena user tidak mendapatkan perijinan (permissian) untuk akses ke database. Ngeceknya cukup mudah anda buka cpanel kemudian anda pilih kolom menu databases pilih phpMyadmin kemudian arahkan ke database dari website anda jika terhubung tanpa ada masalah, maka memang tidak terjadi masalah. bagaimana jika anda tidak bisa mengakses database melalui phoMyadmin, maka anda perlu kontak customer web hosting anda untuk memperbaiki setting perijinan user database anda. Pesan yang tertampil jika terjadi error permission kurang lebih begini

#1045 – Access denied for user ‘foo’@’%’ (using password: YES)

Artikel diatas adalah kerangka solusi dari permasalahan error establishing a database connection, jika ada temuann dari teman-teman yang lain bisa dimasukkan di bagian komentar. Namun pemegang kunci dari masalah error ini adalah konfigurasi database yang anda nyatakan di wp-config.php, cek dan ricek penulisannya jangan sampai terjadi kesalahan typo

Tags: , ,

Trackback from your site.

Comments (1)

  • nadia

    |

    terima kasih atas penjelasannya.. jadi mudeng sayanya

    Reply

Leave a comment

Promo Hosting

Masukkan email Anda untuk selalu mendapatkan informasi promo terbaru kami: