Memperbaiki pesan Error Establishing a Database Connection

Written by admin on . Posted in Tutorial, Web Hosting

error database connection Apakah anda pernah menjumpai Pesan Error Establishing a Database Connection di website wordpress anda? Anda tidak melakukan perubahan apapun di web anda, dan tiba-tiba mengalami pesan error ini, mengesalkan bukan? Artikel ini mungkin tidak akan mencakup semua bahasan namun bisa kita ringkaskan tentang bagaimana error ini muncul dan kemungkinan perbaikannya.

Mari Kita telusuri bagaimana keluar dari permasalahan ini.

Mengapa error ini muncul?

Sesuai Judul errornya.. hehee web wordpress anda tidak melakukan koneksi ke database server yang telah di sematkan dalam konfigurasinya. Sebabnya bisa bermacam-macam, bisa disebabkan karena perubahan data login yakni password tidak terbaca oleh database, bisa juga karena server database tidak merespon permintaan database dan sebagainya. anda bisa lakukan dengan menambahkan baris perintah dalam file wp-config.php, tambahkan tepat sebelum baris ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’ di wp-config.php.
define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Apakah pesan yang sama muncul pada akses wp-admin?

Hal pertama yang anda lakukan ketika terjadi error adalah membandingkan antara akses front-end (halaman depan website) dengan akses back-end (halaman admin wordpress), jika pesan tersebut sama maka kita meloncat ke langkah selanjutnya. Jika anda menemukan kesalahan seperti “One or more database tables are unavailable“, maka anda perlu melakukan repair database.

Setelah itu anda bisa melakukan eksekusi repair database melalui link http://www.yoursite.com/wp-admin/maint/repair.php

repair database wordpress

Perlu diingat untuk mengeksekusi perintah repair tersebut, user tidak diperlukan login (bagi yang tahu) maka demi keamanan setelah anda proses repair selesai, hapus kembali baris pernyataan yang anda tambahkan dalam file wp-config.php tersebut.

Sampai disini jika masalah sudah teratasi, anda bisa melanjutkan pekerjaan anda lagi, dan jika belum teratasi, marilah kita ikuti artikel ini sampai selesai.

Solusi Termudah Periksa file Wp-Config

Apa itu bisa jadi solusi termudah? bisa iya bisa tidak namun hal yang paling utama ketika website berhubungan dengan server database adalah urusan login. Solusinya apa? anda lihat konfigurasi di wp-config.php di direktori wordpress anda periksa username dan passwordnya catat baik baik. Langkah berikutnya adalah anda masuk cpanel hosting anda lewat url www.namadomain.com/cpanel untuk anda lihat pada bagian database. Anda periksa database yang sesuai dengan web wordpress anda, kemudian masukkan ulang password yang dinyatakan dalam konfigurasi yang sudah anda catat tadi.
define('DB_NAME', 'database-name');
define('DB_USER', 'database-username');
define('DB_PASSWORD', 'database-password');
define('DB_HOST', 'localhost');
Harap diperhatikan DB_HOST tidak selalu bernama localhost, sesuaikan dengan konfigurasi penyedia webhosting anda, di beberapa web hosting menyatakan localhost dengan IP (ip juga bervariasi tergantung webhosting yang bersangkutan) juga bisa jadi solusi.
define('DB_HOST', '127.0.0.1:8889');
Pastikan setiap pernyataan dalam wp-config ini tertulis dengan benar tanpa ada kesalahan typo.

Jika poin ini sudah kita lakukan dan masih terjadi error, bisa kita katakan masalah sebenarnya berada di server database-nya

Periksa My-SQL Server (Cpanel Webhost)

Jika website anda shared hosting dan server webhost anda dihujani permintaan trafik, terkadang respon server seperti database server menjadi lambat, bahkan tidak meresepon, jika hal ini hal yang paling menolong adalah hp anda untuk mengontak customer service penyedia web hosting anda. hehe

Periksa Konektivitas Database melalui phpMyAdmin

User Database tidak bisa terhubung akses ke database bisa juga disebabkan karena user tidak mendapatkan perijinan (permissian) untuk akses ke database. Ngeceknya cukup mudah anda buka cpanel kemudian anda pilih kolom menu databases pilih phpMyadmin kemudian arahkan ke database dari website anda jika terhubung tanpa ada masalah, maka memang tidak terjadi masalah. bagaimana jika anda tidak bisa mengakses database melalui phoMyadmin, maka anda perlu kontak customer web hosting anda untuk memperbaiki setting perijinan user database anda. Pesan yang tertampil jika terjadi error permission kurang lebih begini

#1045 – Access denied for user ‘foo’@’%’ (using password: YES)

Artikel diatas adalah kerangka solusi dari permasalahan error establishing a database connection, jika ada temuann dari teman-teman yang lain bisa dimasukkan di bagian komentar. Namun pemegang kunci dari masalah error ini adalah konfigurasi database yang anda nyatakan di wp-config.php, cek dan ricek penulisannya jangan sampai terjadi kesalahan typo

Tips memelihara website

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

memelihara website

Memelihara website adalah kewajiban utama untuk menunjang kelangsungan website anda. Memelihara website disini meliputi pemeliharan isi website, dan penanganan kelangsungannya. Dapat dibayangkan ketika anda dengan susah payah, duka nestapa, banjir keringat mengembangkan sebuah website, dan kemudian mendapatkan respon yang bagus dari pengunjung, namun tiba-tiba website anda “mati” karena serangan hacker, terkena malware, atau justru di “suspend” pihak provider web hosting karena melanggar AUP (Acceptable Use Policy). Beberapa poin berikut akan membantu anda, memberikan sedikit gambaran bagaimana memelihara website demi kelangsungan website anda.

Arti Pesan Error HTTP

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

kode error http

Error HTTP bisa saja terjadi bahkan untuk website yang bagus sekalipun, pesan kesalahan ini terjadi ketika ketidakwajaran menimpa website anda. Setiap masalah yang terjadi dengan website mempunyai kode error HTTP sendiri-sendiri, yang akan memberi tahu letak kesalahan yang terjadi. Masalahnya ada kode error HTTP ini bukan bahasa umum yang langsung dapat diterjemahkan menjadi bahasa yang anda langsung bisa mengerti.

Akan tetapi buat pelanggan Nusamedia tidak perlu khawatir, kami akan memberikan keterangan singkat mengenai error http yang umum terjadi dalam website, yang akan kami jelaskan berikut ini.

Error 500 : Internal Server Error

Pesan ini datang dari server web hosting, permintaan akses website tidak bisa dipenuhi karena ada kesalahan system dalam web servernya, bisa terjadi kesalahan kode script halaman web itu sendiri atau kesalahan system web servernya sendiri.

Error 404 : Not Found

Pesan ini berarti halaman website yang anda cari tidak ditemukan, sebabnya karena pergantian link, atau memang halaman tersebut benar-benar telah hilang. Pesan Error HTTP 404 ini adalah pesan kesalahan terpopuler dalam dunia website.

Error 403 : Forbidden

Pesan ini berarti anda tidak diijinkan untuk mengunjungi halaman tersebut. Anda tidak diijinkan berkunjung dan silakan pergi, begitu kata singkatnya.

Error 400 : Bad Request

Jika anda mendapati pesan kesalahan seperti ini, berarti browser anda mengunjungi halaman tersebut dengan cara yang salah, atau mungkin terjadi,pada saat permintaan anda untuk melihat halaman tersebut terjadi korupsi data, karena koneksi internet yang mungkin, sehingga data menjadi tidak reliable.

Error 401 : Unauthorized

Pesan kesalahan ini berarti, anda tidak punya otorisasi untuk melihat halaman tersebut, bisa terjadi kesalahan login mungkin, yang jelas anda bukanlah orang yang diijinkan untuk melihat halaman tersebut ketika pesan ini muncul. 🙂

Demikianlah beberapa pesan error HTTP yang umum terjadi ketika kita mencoba melakukan permintaan untuk mengakses sebuah halaman website, mungkin ada tambahan kode kesalahan akan kami tambahkan pada kesempatan yang lain.

Linux Hosting vs Windows Hosting

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

Pilihan antara linux hosting atau windows hosting, dalam menggunakan layanan web hosting sangat didasari kebutuhan website itu sendiri, budget dan pengetahuan anda. Pengetahuan anda tentang web hosting akan mempermudah keputusan anda dalam menentukan apakah anda akan menggunakan windows hosting atau linux hosting. Secara umum pemilihan hosting akan didasari pada bahasa scripting yang digunakan untuk website anda, jika menggunakan script PHP, MySQL dan Perl, maka pilihan jatuh ke linux hosting. Jika anda menggunakan ASP.NET maka pilihan terbaik ada pada windows Hosting

Cara Memilih Layanan Web Hosting

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

Faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih layanan Web Hosting terbaik?

Memilih dan menemukan web hosting terbaik untuk website anda, bukanlah tantangan yang sulit. Jika anda ingin membangun eksistensi dengan memanfaatkan internet, dan secara serius akan membuat website sebagai medianya, maka anda harus mencari penyedia layanan web hosting yang jumlahnya sangat banyak seantero nusantara. Dari sekian banyak provider web hosting anda harus memilih satu provider yang tepat yang bisa mengantarkan anda mencapai tujuan untuk membangun website sesuai keinginan. Rencana website anda mungkin untuk menunjang hobby, membuat blog, memulai usaha baru, ataupun jualan online, akan tersedia berbagai macam pilihan paket hosting dan layanan hosting untuk dipilih.

Mengenal Beberapa Tipe Web Hosting

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

Jika anda akan memulai mengembangkan sebuah website, pilihan akan anda dapatkan dari beberapa tawaran dari penyelenggara web hosting yang anda lihat. Kemudian anda akan mulai mempertimbangkan, apakah menggunakan dedicated server ataukah shared web hosting? Linux Hosting atau Windows Hosting? Kisaran harga berapa yang akan sesuai dengan fitur yang anda harapkan dan sesuai budget? dan sebagainya dan sebagainya. Bagi anda yang baru mulai, pertanyaan dan kekhawatiran tersebut tentunya dapat membuat bingung, namun anda bisa lebih memfokuskan pada pilihan tipe web hosting yang tepat untuk situs anda dari awal, karena web hosting yang baik akan menentukan juga perkembangan situs anda di masa mendatang.

Promo Hosting

Masukkan email Anda untuk selalu mendapatkan informasi promo terbaru kami: