Tips memelihara website

Written by admin on . Posted in Support, Tutorial, Web Hosting

memelihara website

Memelihara website adalah kewajiban utama untuk menunjang kelangsungan website anda. Memelihara website disini meliputi pemeliharan isi website, dan penanganan kelangsungannya. Dapat dibayangkan ketika anda dengan susah payah, duka nestapa, banjir keringat mengembangkan sebuah website, dan kemudian mendapatkan respon yang bagus dari pengunjung, namun tiba-tiba website anda “mati” karena serangan hacker, terkena malware, atau justru di “suspend” pihak provider web hosting karena melanggar AUP (Acceptable Use Policy). Beberapa poin berikut akan membantu anda, memberikan sedikit gambaran bagaimana memelihara website demi kelangsungan website anda.

  1. Update isi website. Untuk menjaga kelangsungan website anda di mata pengunjung, usahakan selalu melakukan update secara berkala bisa berupa artikel, berita yang mempunyai kesesuaian dengan tema website. Ada ungkapan Content is King, isi website anda akan menjadi penentu keberhasilan website, oleh karena itu buatlah artikel yang orisinil dengan gaya bahasa yang menarik, bukan hanya sekedar copy paste dari website lain.
  2. Update engine website. Baik anda menggunakan CMS gratis atau berbayar, atau bahkan anda membuat CMS sendiri usahakan selalu mengupdate CMS yang digunakan, plugin dan modul pendukung, sehingga akan selalu up to date secara keamanan, dan website anda tidak akan rentan terhadap serangan.
  3. Backup, Backup adalah elemen terpenting dalam menjaga kelangsungan website anda jika terjadi gangguan yang menyebabkan website anda mati. Usahakan melakukan backup secara berkala, setiap selesai melakukan update isi website, atau sebelum melakukan update engine website, untuk antisipasi update yang gagal. Anda seperti direpotkan dengan adanya backup ini, tapi percayalah berdasarkan pengalaman masa lalu, repotnya backup tidak sebanding dengan putus asanya anda ketika website anda mati dan anda harus memulainya lagi dari awal karena tidak ada backup. Anda dapat melakukan backup website melalui Cpanel akun Hosting anda
  4. Monitoring statistik website, Dengan melakukan monitoring statistik website anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan website anda, trend kata kunci, kesalahan akses halaman, jumlah halaman yang dilihat pengunjung, asal visitor, sehingga anda dapat menemukan strategi berikutnya untuk membuat website menjadi lebih baik. Awstat adlaah aplikasi statistik yang dapat dengan mudah anda dapatkan melalui Cpanel Hosting anda, disamping itu anda bisa mendaftar di Webmaster Google.
  5. Update Desain, anda dapat melakukan penggantian template web anda secara berkala, menambahkan fitur-fitur yang menarik dan interaktif, akan membuat pengunjung website tertarik untuk kembali mengunjungi website.

Karena website adalah media anda untuk informasi, promosi dan perkenalan anda dengan pengunjung, keseriusan anda dalam mengelola dan merawat website, akan mendapatkan apresiasi tersendiri dari para pengunjung website, dan dengan perawatan yang terjadwal dan akurat anda akan banyak mendapatkan manfaat yang tidak akan pernah anda bayangkan sebelumnya. Jika website adalah bagian dari pekerjaan dan hidup anda, mengapa anda biarkan website anda merana? Silakan jika ingin menambahkan tips mengenai perawatan website ini.

Tags: ,

Trackback from your site.

Comments (8)

  • anwar

    |

    mantap kang artikelnya…..

    Reply

  • the best hosting

    |

    the best hosting

    Nusamedia Tips memelihara website ยป Nusamedia

    Reply

  • Ronal

    |

    Artikel yang singkat,..padat…dan berisi.

    salut kepada nusamedia.net.

    Reply

  • suendah

    |

    Terimakasih atas tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan saya

    Reply

  • fauzidimas

    |

    terimakasih kepada yg punya artikel ini,karena isi artikel ini sangat memberi ilmu baru bagi pembaca,khususnya saya sendiri.trim,s

    Reply

  • Teguh Wiujeng

    |

    Terimakasih atas infonya dan artikel yang bermanfaat ini.
    salan sukses

    Reply

  • jasa pasang gypsum surabaya

    |

    Terima kasih telah memberikan informasi yang sangat menarik,berbicara mengenai website,website bisa diibaratkan ladang yang harus kita rawat dan pupuk dengan rajin sehingga dapat menghasilkan .

    Reply

Leave a comment

Promo Hosting

Masukkan email Anda untuk selalu mendapatkan informasi promo terbaru kami: