Loading ...
Nusamedia Web Hosting Murah dan Harga Terjangkau

Privasi Domain, Sudah Perlukah anda?

Menjaga Privasi data adalah sebuah keniscayaan dalan dunia teknologi informasi yang berkembang pesat. Menjaga privasi data adalah tantangan harian yang dirasa semakin hari semakin berat. anda membuka diri terhadap dunia luar disamping itu anda juga harus melindungi data pribadi anda dari pihak yang tidak anda inginkan.

Jika anda mempunyai website bukan tidak mungkin informasi pribadi anda, akan menyebar, di seantero dunia baik itu alamat pribadi, no telepon, email, foto, keterkaitan dengan media sosial dan lain-lain. Salah satu metode untuk melindungi data pribadi bagi pemilik website adalah dengan PRIVASI DOMAIN.

APA ITU PRIVASI DOMAIN? (DOMAIN PRIVACY)

Provasi Domain/ Domain Privacy adalah Layanan yang berupa proxy server yang akan mengalihkan informasi asli WHOIS domain ke dalam format informasi penyelanggara jasanya. Privasi Domain atau Provasi WHOIS akan memproteksi data pribadi domain anda, tanpa perlu mengubah informasi asli domain anda yang sudah tercatat di ICANN Whois Server.

Secara Legal formal, setiap anda membeli nama domain untuk website, sebagai wujud tanggung jawab anda diwajibkan untuk memberikan informasi pribadi yang sebenar-benarnya, pada inforrmasi kontak yang menyertai domain yang anda beli tersebut. Ketika anda pegang ektp mungkin hanya orang-orang yang anda ijinkan yang dapat melihatnya, namun jika anda mempunyai website, makan informasi pribadi anda akan dapat diketahui siapapun di ujung sana. Nah Privasi Whois/Privasi DOmain (diantara registrar bisa mempunyai nama yang berbeda), akan menyembunyikan informasi ini dan diganti dengan informasi pengalihan.

domain dengan privasi dan tanpa privasi domain

MANFAAT PRIVASI DOMAIN

Berita baik dari privasi domain ini adalah data pribadi aman, sedangkan berita buruknya adalah anda harus tidak gratis. hehe. Nah sebagai pertimbangan anda mari kita simak apa saja manfaat yang kita dapatkan dengan membeli jasa proteksi privasi domain ini.

1. Melindungi Data Pribadi

Manfaat utama dari Privasi Domain ini adalah publik (masyarakat internet) tidak bisa mengakses data pribadi di WHOIS domain anda. Jika seseorang mangakses whois domain anda, maka yang tertampil adalah alamat pengalihan penyedia jasa privasi domain.

Lantas anda mikir, ah kenapa repot-repot bayar untuk privasi domain, toh saya bisa ajukan nama dan alamat fiktif pada domain yang saya daftarakan. eitss jangan coba-coba, jika sesuatu terjadi dan anda ketahuan memberikan false information pada domain anda, maka dengan seketika kepemilikan domain anda bisa dicabut, domain hilang nafkah hilang. jangan coba-coba pake informasi palsu ketika mendaftarakan domain ya?

2. Mengurangi SPAM

Setiap kali kontak pribadi anda (mostly email) tersebar diinternet, spammer akan selalu menemukan cara untuk menemukannya. Coba anda cek email anda, berapa persen pesan yang masuk inbox yang berasal dari orang yang anda kehendaki, coba anda cek spam box anda, banyak bukan? itulah kerja spammer, anda akan ditawari informasi macam-macam melalui inbox email anda. dengan privasi domain, email yang anda gunakan untuk mendaftarakan domain relatif aman dari kiriman spam.

3. Menghindari Scammer

Efek Scammer lebih buruk dari spammer, karena scammer ingin mengambil keuntungan dari situasi anda. mari kita lihat worst case scenario berikut. Anda pemilik web dengan trafik yang sangat bagus, efek dari nama domain yang bagus didukung oleh kesesuaian layanan yang anda tampilkan, sehingga web anda mempunyai trafik yang sangat tinggi. menjelang waktu domain akan habis ada seseorang mengirimkan email kepada anda dan berpura-pura sebagai bos perusahaan tempat anda mendaftar domain, anda disuruh menyerahkan sejumlah uang, apesnya anda diminta menyerahkan kode domain secret termasuk mungkin pasword control panelnya, sebagai alasan perpanjang domain anda. ya mungkin uang ndak seberapa tapi jika domain anda lepas dari tangan?

Nusamedia menyediakan layanan Privasi Whois/ Privasi domain yang cukup murah, bagi pelanggan domain nusamedia, opsi pembelian jasa privasi domain sudah tersedia di Domain Control Panel Masing-masing. sekian selamat siang, semoga bermanfaat.